Wednesday, 17 June 2015

Pantai Baru Bantul

Bantul mendapat julukan daerah "polda" dalam bahasa Jawa kepanjangannya Pol Daratan atau ujung daratan. Secara geografis Bantul berada di pesisir selatan pulau Jawa, tak heran Bantul punya banyak pantai. Ada Pantai Gua Cemara, Pantai Parangtritis, Pantai Pandansimo dan Kwaru. Selain pantai kita juga bisa mengetes kekuatan kaki, *lho apa hubungannya* menaiki ratusan anak tangga di Menara Mercusuar Pantai Pandansari.


Ini adalah Pantai Baru yang berada persis di timur Pantai Pandansimo. Karena "citra" Pantai Pandansimo yang agak memburuk, dibukalah pantai ini. Karena memang baru dibuka, lantas diberi nama Pantai Baru. Seperti pantai Bantul lainnya, Pantai Baru berpasir hitam dengan ombak yang besar. Ratusan pohon cemara udang berjajar di pinggir pantai, membuat suasana begitu sejuk dan menangkal terjadinya abrasi yang mengganas.

 
Puluhan kapan nelayan tampak bersandar di pinggir pantai, setelah semalam berlayar mengantar sang empunya kapal menangkap ikan di tengah laut. Salah satu pemandangan yang mendebarkan disini adalah saat perahu yang datang dari tengah laut dan mencoba melewati ombak untuk bisa berlabuh. Pantai selatan terkenal dengan ombak besarnya, butuh perjuangan keras dari nelayan untuk bisa  sedikit "terbang" melompati ombak dan landing di pantai dengan selamat. Butuh strategi dan teknik khusus, salut untuk para nelayang, sayang perekonomian mereka tak seluas lautan disini. Semoga hati mereka seluas samudra.






Kita bisa bersantai di bawah pohon cemara, menikmati aneka seafood yang masih fresh karena baru saja di bawa oleh para nelayan dari laut. Harga makanan di Pantai Baru tidak terlalu mahal, standart lah. Kalo masalah rasa gue lebih senang makan di TPI pantai Depok. Pilihan rumah makan lebih banyak. Dan sudah ada langganan di sana.



Mau keliling pantai tanpa capai? Tenang saja di Pantai Baru banyak ATV yang bisa kita sewa, kalau ga salah harganya sekitar 35 ribu perjamnya. Silakan ngetrail sepuasanya, diantara pohon pohon , tapi awas jangan nabrak orang-orang yang lagi makan yaa, hahaha.



Gimana temans, asyik kan jalan-jalan di Pantai Baru Bantul Yogyakarta. Lokasinya gampang koq, dari arah Jogja lewat Jalan Bantul, lurus saja nyebrang Ringroad, masuk wilayah Dongkelan, lurus saja mengikuti jalan utama dan sampai di daerah Sanden, kita tinggal menyusuri jalan pinggir pantai, dari timur saya urutkan ada Pantai Gua Cemara, Kwaru dan Pantai Baru.

Nah, temans, kalau ke Jogja kira- kira tertarik mampir-mampir ke sini nggak?K abar-kabar ya ama gue, ntar Miss Piknik temenin dech.

7 comments:

  1. Hmm, pantai ini kayaknya asik buat yang suka off road ya :D
    Kalo saya sih lebih suka pantai pasir putih yg banyak kerangnya Mak.. ada rekomendasi pantai seperti itu di Jogja?
    *saya mah orang Jogja tapi jarang jalan-jalan x_x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, berpetualang di pinggir pantai pasti asyik. Sama sih, saya lebih suka pantai pasir putih yang halus, tanpa ombak seperti pantai di Bali. Pantai Sundak itu bagus pasirnya putih mbak,

      Delete
  2. Hmm, pantai ini kayaknya asik buat yang suka off road ya :D
    Kalo saya sih lebih suka pantai pasir putih yg banyak kerangnya Mak.. ada rekomendasi pantai seperti itu di Jogja?
    *saya mah orang Jogja tapi jarang jalan-jalan x_x

    ReplyDelete
  3. wah baru tahu juga di sana ada pantai, kayaknya seru permainannya

    ReplyDelete
  4. Wah, pantai baru ya, bisa jadi tujuan piknik selain pantai di gunung kidul nih. Nyaman banget tiduran di bawah pohon cemara yg rindang itu, asal sepi pengunjung tentunya, hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alternatif baru mbak, biarpun di pantai tetep sejuk. Kalo hari biasa tidak terlalu ramai koq.

      Delete

Jangan lupa komentar yaa Sobat Piknik

6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan di Pengklik Pesona Pantai Samas

Sebenarnya ini bukan cerita piknik sesungguhnya, tapi sekedar mampir karena kebetulan lokasi yang saya datangi dekat sama Obyek Wisata...