Sunday, 15 May 2016

Ternyata Bandung Punya Gua Maria Karmel yang Begitu Hening

Gua Maria Karmel Lembang


Sengaja saya tidak membuat ittinary selama di Bandung seperti biasanya. Karena libur panjang pasti obyek wisata penuh pengunjung, jalan macet dan out of plan. SO, flow aja. Ngikut suara massa gaes.

Keluar dari hotel kami menuju daerah Lembang, pengennya ke Kampung Gajah Wonderland aja yang banyak playground dan wahana bermain untuk anak. Maklum, kami piknik bareng 3 balita (duo anak lanang dan satu sodara dari Bandung). Nah si Bapak ngusulin ke Tebing Kraton. Langsung saya protes, siapa yang bakal capek2 naik gunung, ogah ah.  

Kenapa ke Kampung Gajah Wonderland?

Karena saya belum pernah ke sana, yang lagi ngetrend di daerah Lembang ada Float Market, Kampung Daun, Sapu Lidi, tapi kami udah pernah ke sana. Dan cuusss kami menuju Kampung Gajah Wonderland di Jl. Sersan Bajuri KM. 3,8, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat.



Saat memasuki pintu gerbang, anak-anak sudah kegirangan tapi saat mau beli tiket masuk mbak-mbak penjaga tiket memberi tahu kami jika wahana untuk sementara di tutup karena hujan. Padahal cuma gerimis lho, yang dibuka cuma rumah hantu dan permainan indoor.

Lhaaa, sapa yang bakal masuk rumah hantu lantas kami memutuskan untuk balik kanan dan tidak jadi beli tiket masuk. Salut lho sama manajemen Kampung Gajah Wonderland, dengan pemberitahuan seperti itu pengunjugn tidak kecele dan rugi sudah beli tiket mahal. Percuma khan jika sampai di dalam tapi cuma berteduh dan anak-anak sama sekali tidak bisa mainan. 

Gagal masuk ke Kampung Gajah Wonderland ada ide untuk ziarah saja ke Gua Maria di Pertapaan Biara Karmel OCD di Lembang. Kebetulan di Bulan Mei umat Katholik memperingati bulan Maria dan berdoa Rosario di Gua Maria.



Suasana hening begitu terasa saat kami memasuki pintu gerbang. Ada dua jalan kecil yang harus kita pilih, yang kanan ke Gua Maria sedang yang kiri jika ingin Jalan Salib. Kami langsung menuju Gua dengan menelusuri jalan kecil di tengah taman.

Aneka pepohonan dan kembang membuat suasana yang sunyi menjadi semakin adem. Kami duduk di salah satu tempat duduk dari semen dan mulai berdoa. Tampak Gua Maria berukuran sedang dan di sebelahnya ada salib Yesus atau diibaratkan sebagai Golgota.







Area Gua Maria Karmel Lembang tidak terlalu luas, hampir seperti Gua Maria Mojosongo. Ada Gua Maria kecil, Golgota dan Jalan Salib pendek. Saya mewanti-wanti si kecil untuk anteng dan tidak berisik karena Gua Maria ini bukan tempat ziarah rombongan seperti Gua Maria Kerep, Gua Maria Sriningsih dll. Gua Maria Karmel jadi satu dengan pertapaan para suster OCD dan sebuah gereja. Saya tidak memasuki gereja karena waktunya mepet.


                  Gua Maria Kerep Ambarawa










Travelers, jika kamu beragama Nasrani tak ada salahnya mengunjungi Gua Maria Karmel saat kamu berwisata ke Lembang, Bandung. Karena tak hanya seneng-seneng di Bandung, di sini kamu bisa sembayang dan mendekatkan diri pada-NYA.

Menunggu mukjizat dari Tuhan, barang kali saya melangsing :D


6 comments:

  1. apakah maasih ada kebun arbeinay gak mbak??? aku ingat lagi sma ke sana diajak teman mampir . Temanku sembahyang dulu di kapel, aku dan teman yang lain main ke kebun arbei. SEdang berbuah dan mulai dengan ngambilin buah itu dan saking asyiknya ngambilin buahnay gak tahu di belakang kita sudah ada biarawati . UNtungnya cuma dinasehati dan malah didoakan , ha, ha. Dapat sekantong kresek besar

    ReplyDelete
  2. Gereja Karmel itu familiar banget buat saya. Tapi belum pernah masuk karena saya muslim. Temen2 Katolik yg tinggal sekitar Parongpong - Lembang, sebagian besar gerejanya di sini.

    Salam kenal dari Parongpong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh masuk kalo mbak mau...God bless you, mbak...

      Delete
  3. suasananya pasti tenang dan nyaman ya untuk berdoa. tapi yang paling menarik bagi saya foto yang di bagian akhir....Hahaaaa..

    ReplyDelete
  4. Di Jogja ada banyak goa loh yang bisa dikunjungi. Aku malah ajrang nyusur goa.

    ReplyDelete
  5. Kira" anak usia 10 thn dan 4 thn di perbolehkan masuk ke area itu ga ya?

    ReplyDelete

Jangan lupa komentar yaa Sobat Piknik

6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan di Pengklik Pesona Pantai Samas

Sebenarnya ini bukan cerita piknik sesungguhnya, tapi sekedar mampir karena kebetulan lokasi yang saya datangi dekat sama Obyek Wisata...