Friday, 19 August 2016

Peralatan Ini Jangan Sampai Terlupakan Saat Kamu Mendaki Gunung





Mendaki gunung seringkali menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman-teman sebab dengan mendaki gunung diyakini bisa menghilangkan kejenuhan dan penat bekerja. Sayangnya tak jarang para pendaki gunung pemula melupakan barang-barang ini. Padahal barang-barang ini sangat berguna saat mendaki gunung. Berikut peralatan atau barang-barang penting yang sering dilupakan oleh pendaki pemula. 

1. Selimut
Gunung tidak dihuni oleh siapapun dan pastinya tidak ada rumah warga untuk bermalam melepaskan lelah karena seharian mendaki. Untuk itu bawalah selimut saat bermalam di tenda sebagai pelindung tubuh dikala malam dengan cuaca yang sangat dingin.  

2. Kacamata pelindung mata
Kalau anda memiliki penglihatan yang buruk, disarankan membawa kacamata agar melindungi mata dari debu, terik matahari, dan membantu memfokuskan penglihatan anda selama di gunung.



3. Jam Tangan plus Kompas
Gunakan jam tangan khusus untuk adventure seperti jam tangan expedition yang sudah dilengkapi dengan kompas. Jam tangan dan kompas sangatlah penting sebagai penunjuk waktu dan arah selama berada di gunung. Sebelum hendak mendaki gunung siapkan jam tangan expedition terlebih dahulu yang bisa kamu beli di MatahariMall.com. Toko online ini menyediakan beragam model terbaru jam tangan expedition yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu selama mendaki gunung. 

4. Tisu
Bawa juga tisu basah dan tisu kering yang berguna untuk membersihkan wajah anda, peralatan makan, atau yang lainnya sehingga tetap bersih sebab di gunung tidak akan ada toilet umum. 

5. Plastik
Lebih baik bawalah kantung plastik untuk memisahkan pakaian kotor sehingga pakaian bersih  tidak ikut tercampur dengan pakaian kotor yang sudah terdapat kuman dan bakteri. 

6. Tongkat bantuan (Trekking Pole)
Tongkat bantuan atau Trekking Pole berperan melindungi anda dari cedera akibat terkilir yang bisa membuat anda sulit untuk berjalan. 
7. Siapkan Korek api
Perubahan kondisi gunung sangatlah dratis. Siang sangat panas dan  malamnya  harinya sangat dingin. Untuk itu jangan lupa membawa korek api untuk membuat api unggun dari kayu agar tubuh bisa terus hangat.
Ketujuh barang tersebut jangan sampai luput dari perhatianmu sebelum mendaki gunung. Meski terlihat sepele namun kebutuhan itu semua sangatlah berguna dan penting.

3 comments:

  1. aku kacamata sering lupa mbak, malah jarang pake, soalnya kok kayanya ribet ya

    ReplyDelete
  2. Jam tangan, korek, dan tisu basah, 3 benda itu yang pertama kali aku cek sebelum pergi :D
    yopiefranz.com

    ReplyDelete
  3. Terakhir mendaki gunung waktu KKN, semangat sih krn bareng mantan. Sekarang setelah mantan jadi bojo kok males bgt ya hahaa

    ReplyDelete

Jangan lupa komentar yaa Sobat Piknik

6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan di Pengklik Pesona Pantai Samas

Sebenarnya ini bukan cerita piknik sesungguhnya, tapi sekedar mampir karena kebetulan lokasi yang saya datangi dekat sama Obyek Wisata...