Thursday, 6 April 2017

Ada Buto Ijo di Taman Kaliurang




Hujan deras semalam menyisakan tanah basah dan titik titik air di rerumputan. Duo anak lanang sedang asyik bermain diayunan ketika mbak penjaga villa mengantarkan dua piring nasi goreng serta kue dan teh hangat bekal sarapan kami.

Ehm, pas banget nih, Abis mandi, perut mulai lapar dan sarapan datang. Serasa gayung bersambut. Tanpa menunggu lama saya segera ke taman dan mengajak suami dan anak-anak sarapan.  Ohya Sobat Piknik, beberapa pekan yang lalu kami menghabiskan akhir mingu di Kaliurang. Menginap di Fuji Villa Kaliurang, review villanya sudah saya post sebelum ini.

"Ibuk ayo jalan-jalan lihat gunung" Teriak si mas, anak sulung saya.

"Ya, ke taman bermain saja ya, nanti gunungnya kelihatan" Kata saya

"Okee Buk"


***


Saya berempat bergegas menuju jalan kecil di depan villa.  Udara sejuk semakin terasa begitu kami sampai di jalan. Saya memang berencana untuk jalan-jalan pagi keliling villa dan membawa anak-anak bermain di Taman Kaliurang. Kami sering ke Kaliurang tapi Taman Kaliurang selalu terlewatkan. Fokus kami hanya ke Tlogoputri dan hunting Jadah Tempe di sekitaran Kaliurang.
Jarak dari Fuji Villa ke Taman Kaliurang tidak begitu jauh, mungkin sekitar 300an meter, tapi karena jalannya menanjak ngefek keringetan juga kami. Villa - villa dengan gaya arsitektur Belanda nampak di kanan kiri.  Beberapa bangunan  nampak tidak terawat dan ditinggalkan penghuninya. Sayang banget, seandainya dirawat dan di rehab tanpa mengubah bentuk pasti bagus dan bisa disewakan seperti Fuji Villa. Tapi, ngelihat villa kotor gitu bikin horor juga, jangan-jangan ada Danuuuuuur. lol



Kami berpapasan dengan beberapa jeep yang mengantarkan penumpang dari Kaliurang menuju kawasan Kaliadem. Ehm, nampaknya asyik gaes. Kayaknya next time perlu nyoba nih Lava Tour di sana.




Hore, sampailah kami di Taman kaliurang, kta teman saya sejak dia kecil Taman Kaliurang ini sudah ada berarti taman bermain di Hargobinangun Kaliurang ini sudah berumur lebih dari 15 tahun.Seinget saya tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Di dalam taman ada beberapa wahana dan pengunjung akan ditarik retribusi lagi.







Patung beraneka bentuk menarik perhatian duo anak lanang. Dari aneka hewan seperti gajah, jerapah, rusa hingga beberapa patung yang menceritakan tentang Legenda Buto Ijo. Mas tertarik dan saya terpaksa mendongeng dah disana :(.






Layaknya Taman Bermain lainnya, disini juga ada ayunan, perosotan, dan mainan lain. Tapi sayang, semuanya sudah tua. Bahkan ada beberapa ayunan yang lepas besinya. Tapi duo anak lanang tetep hepi sih mainan perosotan yang udah jadul banget kayak gitu.






Taman Kaliurang cukup luas. Ada padang rumput hijau, dan gasebo untuk beristirahat.  Kayaknya asyik piknik disini, bawa tikar dan makanan. Terus anak-anak diumbar biar pada lari-larian di rerumputan. Anak-anak kan suka bermain di lahan terbuka.  Ciyus saya bisa bersantai sambil tiduran diatas tikar sambil memandang langit biru. Hahahaha, yang ada saya harus teriak-teriak agar duo anak lanang ngga main terlalu jauh atau malah mengejar mereka karena malah naik tangga gajah. Pusing euuy.








Karena inpian untuk bersantai pupus sudah, cuss keliling Taman Kaliurang saja atau oubond. Banyak permainan ala-ala outbond gitu, dan setiap permainan kamu harus membayar tiket lagi. Sayang, waktu saya kesana kok tidak ada penjaganya, beberapa wahana terlihat kayunya mulai keropos dan tidak layak. Ehm? Gimana nih apa tidak ada dana rehabilitasi atau renovasi, kan pengunjung bayar lho.






Sobat Piknik, walaupun  banyak yang haris dibenahi dari Taman Kaliurang  tapi Taman Kaliurang ini masih menjadi tempat field trip dari anak-anak TK dan SD. Terbukti dari banyaknya bus yang membawa rombongan dari beberapa TK.  Mereka juga terlihat menikmati taman ini, semoga ke depannya Taman Kaliurang bisa menjadi taman bermain yang tak hanya indah tapi edukatif n safety.



Selamat piknik,

11 comments:

  1. Coba bunga-bunga di sana lebih dirawat, mungin akan lebih menarik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, perawatannya belum maksimal

      Delete
  2. Iya betul mbak, tamannya kurang terawat ya. Seperti dibiarkan begitu saja padahal kalau dirawat dan diperbarui pasti menarik dan mengundang lebih banyak pengunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling penting sih alat outbondnya diperbaharui, sayang juga kalau cuma jadi pajangan

      Delete
  3. aku belum pernah kesini mbak...tempatnya luas banyak rumputnya..pasti anak2 suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anak2 sih pasti suka mbak, karena banyak mainan dan luas.

      Delete
  4. Wah asyik juga ya anak-anak bisa bebas bermain di sini.
    Beberapa kali ke kaliurang belum terpikir untuk nginep, mungkin karena jaraknya yang dekat dari rumah :D
    Sesekali mau coba ah rekomendasi Mak Prim ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain mak Indah, nginep berdua ama misua, hehehe

      Delete
  5. Aku BELUM PERNAH ke taman bermain Kaliurang sama sekali XD. Ya ampun berasa gagal, karena waktu kuliah ngakunya anak gaul kaliurang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajak Kinan donk mak Kachan, dia pasti hepi lari2 disini

      Delete
  6. Agak sulit mengharapkan taman yang cukup baik kalau dana dari pengunjungnya hanya Rp 10.000/orang.
    Coba naikkan sampai Rp 25.000, bisa mengharapkan hasil yang signifikan.

    ReplyDelete

Jangan lupa komentar yaa Sobat Piknik

6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan di Pengklik Pesona Pantai Samas

Sebenarnya ini bukan cerita piknik sesungguhnya, tapi sekedar mampir karena kebetulan lokasi yang saya datangi dekat sama Obyek Wisata...