Wednesday, 14 June 2017

6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan di Pengklik Pesona Pantai Samas


pengklik pantai samas

Sebenarnya ini bukan cerita piknik sesungguhnya, tapi sekedar mampir karena kebetulan lokasi yang saya datangi dekat sama Obyek Wisata Pengklik Samas.


Pengklik pantai samas

"Jadi nggak mampir Pengklik mbak Prim?" Tanya teman saya yang menyetir di depan.

"Jadilah pak" seru saya dari kursi belakang.

"Ok, lima menit aja ya" sambil ngakak dia memberi waktu saya cuma lima menit aja untuk potret-potret disini.









Perjalanan menuju Pengklik melewati sawah-sawah menguning yang sebagian besar sudah dipanen. Di daerah Bantul memang sedang musim panen, banyak petani yang bergotong royong memanen hasil sawah mereka.

Kincir angin yang banyak kita temukan di sepanjang jalan JJLS menuju Pantai Kwaru dan Pantai Padansimo Baru ternyata ada juga di Samas. Kincir angin yang terlihat di balik pohon cemara nampak begitu indah, apalagi langit siang ini begitu cerah.




Jujur saya tidak menyangka pemandangan di Pengklik ternyata bagus juga. Dalam bayangan saya Pengklik itu sama dengan Pantai Samas yang terkena abrasi, pantai dengan pasir hitam dan ombak yang besar.

Ternyata saya salah gaes, Pengklik Samas menawarkan sensasi wisata yang sama sekali berbeda dengan Pantai Samas. Nah mau tahu apa saja yang bisa kita lakukan saat berwisata ke Pengklik Samas?

1.  Menikmati kuliner seafood di Rumah Apung




Berbagai menu ikan laut bisa kita pesan disini. Dari olahan ikan bakar hingga di goreng. Menikmati ikan bakar di gasebo yang terapung di atas laguna sembari menikmati semilir angin pasti menjadi sensasi tersendiri. Selain menu seafood kita juga bisa memesan makanan lain seperti bakso ataupun mie instan.

2.  Memancing




Bagi kamu yang demen mancing pasti betah banget mancing di Pengklik Pantai Samas. Beberapa sudut bisa jadi tempat memancing kamu. Di sepanjang pembatas atau di dekat pohon cemara yang lebih sejuk. Beberapa orang terlihat asyik memancing disini, mereka membawa peralatan memancing sendiri . Kalau lebih menantang bisa memancing dari atas perahu agak ke tengah laut. Kamu bisa menyewa perahu nelayan yang disediakan disana.

3.  Bersantai di bawah pohon cemara



Di sebelah timur gasebo ada taman yang ditumbuhi pohon-pohon cemara. Meskipun pantai Samas sedang panas tapi bersantai dibawah pohon cemara tetap sejuk. Kita bisa membawa tikar atau alas untuk duduk-duduk. Bisa juga bawa hamock lalu tiduran sambil diayun-ayun. Syurga gaes.

4.  Bermain di Play Ground


Tempat wisata Pengklik Samas ini termasuk lengkap lho fasilitasnya. Dari tempat makan hingga area bermain untuk anak. Ada beberapa mainan anak seperti ayunan dan perosotan. Anak-anak bisa bermain sepuasnya karena tempatnya rindang dan terlindung dari sinar matahari.

 5. Naik perahu berkeliling laguna


Sepertinya saya harus mengagendakan waktu tersendiri dan berwisata ke Pengklik Samas bareng keluarga. Bawa tikar dan cemilan lalu duduk-duduk di bawah pohon sembari melihat anak-anak yang asyik main perosotan. Kemudian naik perahu keliling laguna dan makan siang di rumah apung.


6. Menikmati laut dari gardupandang



Selain rumah apung, di Pengklik Pantai samas juga terdapat sebuah minimarket yang diatasnya ada gardupandang. Dari sini pengunjung bisa lebih leluasa melihat samudera Hindia. Dari blog seorang teman view sunsetnya cantik banget. Next time ke sana lagi pas sore ajah biar bisa lihat sunset yang cantik itu.


sumber gambar setapakpesona.blogspot.co.id

Bagaimana cara menuju ke Pengklik Pantai Samas?

Pengklik Pantai Samas terletak didesa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Dari Jogja bisa lewat Pojok Benteng Kulon ke arah selatan melewati Jalan Bantul, lurus ikuti jalan utama, tanpa berbelok. Setelah melewati gapura retribusi Pantai Samas, kemudian ambil saja Jalan Jalur Lintas Selatan. Ohya, jalan menuju Pengklik hanya muat satu mobil jika kamu naik bis besar bisa diparkir kemudian lanjut jalan kaki sekitar 500 m.

Bayar tiket masuk di Pengklik Pantai Samas cukup satu kali di pintu retribusi Pantai Samas sebesar Rp. 3.750,-. Jadi kamu satu tiket masuk bisa sekalian ke Pantai Goa Cemara, Pandansimo dan Kwaru. Dan di Pesona Pengklik, pengunjung cukup membayar biaya parkir saja, 5 ribu rupiah untuk jenis mobil, dan 2 ribu rupiah untuk jenis kendaraan bermotor.

Nah, Sobat Piknik jangan lupa jika sedang berwisata di Jogja mampir lah ke Pengklik Pantai Samas dan nikmati indahnya laguna pantai selatan.

10 comments:

  1. Murah banget ya bayar tiketnya dg RP 3750 bisa masuk wisata lainya, tempatnya enak pula buat ngumbul bareng keluarga.

    ReplyDelete
  2. Pantainya indah sekali, pasti lezat tuh menyantap olahan ikan segar. Dirimu Sukses bikin saya mupeng mba��.

    ReplyDelete
  3. Eh, aku baru ngeh juga nii, emang ombaknya pantai samas kemana makma? Dibendung juga po?

    ReplyDelete
  4. Wah jd bagus..dulu g ada apa2 disini

    ReplyDelete
  5. Laguna di pantai sana seringnya buat mancing. Seperti pantai Baros dan lainnya.

    ReplyDelete
  6. nuwun infonya mbak, baru tahu ada tempat ini di dekat Pantai Samas

    ReplyDelete
  7. Baru dengar nama tempatnya Mbak dan murah banget tiket masuknya. Itu saung-saung free kita boleh duduk dan gelaran disitu atau punya restonya?

    ReplyDelete
  8. Masih sepi yah jadi enak untuk bergalau ria hihi

    ReplyDelete
  9. yogya.kayaknya tempat masih belum hitz :)

    bisa jadi referensi nanti :)

    ReplyDelete

Jangan lupa komentar yaa Sobat Piknik

6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan di Pengklik Pesona Pantai Samas

Sebenarnya ini bukan cerita piknik sesungguhnya, tapi sekedar mampir karena kebetulan lokasi yang saya datangi dekat sama Obyek Wisata...