Wednesday, 12 July 2017

Pesona Tebing Breksi Prambanan


tebing breksi


Tebing Breksi semakin ngehits aja gaes. Setelah dibuka 2 tahun lalu, sekarang obyek wisata Tebing Breksi menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat ke Jogja, khususnya Jogja bagian timur. Bahkan Tebing Breksi masuk nominasi Anugrah Pesona Indonesia di tahun ini, semoga sih banyak yang vote dan Tebing Breksi terpilih menjadi jawara.





Beberapa tahun yang lalu saya sering lewat daerah Tebing Breksi menuju ke Sendang Sriningsih, tempat ini hanya berupa tebing batu kapur dengan banyak truk dan penambang yang wira-wiri di sekitaran tebing. Bukit juga masih terlihat utuh, sangat berbeda dengan sekarang yang sudah tinggal tebing dengan luas beberapa ratus meter saja.

Sejak tahun 2015 Tebing Breksi beralih fungsi menjadi obyek wisata heritage, diresmikan langsung oleh Sri Sultan selaku Gubernur Yogyakarta berbarengan dengan launching web visitingjogja.com kala itu. Dua tahun yang lalu saya ke Breksi saat acara launching itu, dan beberapa pekan yang lalu saya piknik ke Tebing Breksi lagi dan rupanya pengunjung makin ramai dan beberapa spot di Tebing Breksi makin disempurnakan. 

Lalu apa saja sih yang menarik dari Tebing Breksi ini:

1. Spot kece untuk selfi



Hari gini siapa sich yang nggak hobi selfi atau foto kekinian di tempat wisata? Ada dink, my husband gaes. kalau nggak dipaksa emoh banget diambil gambarnya. Apalagi suruh motoin. Arghhh.


Btw, di Tebing Breksi ada beberapa sudut yang bisa kamu jadikan background dari foto cantek kamu. Gambar wayang di dinding,  tangga yang eksotis atau dinding batu kapur putih polospun bisa kece lho, asal obyek yang difoto juga cakep. Lol

2. Lihat Sunset



Kalau cuaca lagi bersahabat kamu bisa lihat sunset cantik di ufuk barat. Sayang, saya ke Tebing Breksi udah kesorean. Ditambah mendung pulak, jadi sunset terhalang awan gitu. Waktu terbaik sih sampai di Breksi jam 4 an dan kamu bisa keliling Breksi sampai puas dan ditutup dengan menyaksikan matahari terbenam.

3. Menikmati pemandangan perbukitan

 



Ketika mata lelah, obat yang manjur selain kertas merah dengan gambar angka 100.000 adalah lihat yang hijau-hijau. Cobalah naik bukit di Tebing Breksi, nggak bikin capek kok. Cuma 2 tangga ini. Sampai diatas duduk santai lihat ke sisi barat ataupun utara dan nikmati hijaunya perbukitan di daerah Sleman ini. Semilir angin yang berhembus bikin suasana hati lebih tentram.



Next time, saya bakal ke Breksi lagi bawa alas buat duduk dan bawa cemilan terus gegoleran disini.  Karena di atas bukit tempat duduk terbatas.

4. Menjajal olah raga ekstrim atau mengembangkan hobi



Beberapa pengunjung ternyata tak sekedar selfi atau menikmati pemandangan Breksi. Banyak juga yang bersepeda bahkan ada juga yang sedang menerbangkan drone mereka.  Di Breksi ada tanah lapang, sehingga kamu bisa leluasa menerbangkan drone atau bersepeda melintasi bukit dan gundukan bekas galian.


5. Berfoto sama si Somat dan kawan kawan



Di Breksi ada beberapa burung hantu yang bisa diajak berfoto. saya sempat kasihan sama si burung hantu dan bertanya-tanya, bukankah burung hantu dilindungi? Lalu saya ngobrol sama pemilik burung hantu, kata dia burung hantu itu sudah dipiara sejak kecil dan sudah terbiasa berinteraksi dengan manusia.

Pemilik Shendy si burung hantu

6. Berkeliling Breksi dengan Jeep



Nah, satu lagi yang menarik dari Breksi selain panoramanya, yaitu paket wisata jeep. Kamu bisa berkeliling Breksi dan bukit sekitarnya dengan jeep. Di timur tebing dekat parkiran ada beberapa jeep yang sudah siap mengantar kamu offroad keliling Breksi.

Lalu bagaimana cara menuju Breksi?

 

Breksi berada di Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman. Gampang kok menuju ke Breksi. Dari Jalan Jogja Solo setelah Prambanan belok ke kiri ke arah Piyungan/ Candi Boko. Ikuti jalan Prambanan Piyungan sekitar 4 kilometer, nanti ada petunjuk menuju ke Breksi di sebelah kiri. Nah dari sini tinggal ke timur ikuti jalan desa.


Jalan desa menuju Breksi sudah halus, beda banget sama 2 tahun yang lalu. Dari jalan utama Prambanan - Piyungan masih sekitar 3 km. Tiket masuk Breksi tidak dipatok berapa rupiah tapi seikhlasnya pengunjung, tapi jangan juga ngasih ala kadarnya ya gengs. Hargai juga pengelola wisata disini yang masih dikelola warga sekitar.




Yuhuuu, jangan lupa vote Tebing Breksi via web anugrahpesona.com atau via sms ke 99386 yak.



8 comments:

  1. Blum pernah menginjak ke breksi. Pengen bgt tp blm kesampaian. Vote for breksi...

    ReplyDelete
  2. Pernah liat di tv, duh jadi pengen ke Jogja jugaa

    ReplyDelete
  3. banyak ya sekarang tempat wisata kek gini. catet ah kapan2 kalo ke jogja mampir

    ReplyDelete
  4. Keren ya tebing Breksi, kapan-kapan perlu mampir ke sini

    ReplyDelete
  5. Kalau ke sini meati bawa kendaraan sendiri ya mbak ? Atau bisa pakai taksi online ?
    Kalau ke Jogja lagi pengen masukin wishlist nih

    ReplyDelete
  6. aku jg ga terlalu suka selfie mba ;p... sesekali oke, tp lebih seneng motoin orang lain :D

    cakeep ih, tebing breksi sekarang ... awal2 dulu baca postingan salah satu blogger, kayaknya masih kasar dan belum seperti ini tempatnya... skr kok jd banyak ijo2nya dan fasilitas lainnya juga... :).. Tapi yg narik minatku banget itu si burung hantu sebenernya ;p.. kok lucu siiiih mukanya :D

    ReplyDelete
  7. Keren cerita perjalannya. Itu yang foto sama burung hantu apa nggak takut ya.. hihii :D

    ReplyDelete
  8. Kak, itu tebingnya di ukir orang ya..?

    ReplyDelete

Jangan lupa komentar yaa Sobat Piknik

5 Tempat Wisata Romantis di Kota Apel Malang

  Malang adalah kota yang kerap dijadikan destinasi wisata favorit masyarakat Jawa Timur. Kota yang dikelilingi empat pegunungan ...