Friday, 11 August 2017

Batoer Hill Resort, Best View Resort in Jogja


Saya tertegun melihat beranda Facebook saya beberapa minggu yang lalu. Pemandangan indah lereng pegunungan berselimut kabut menghipnotis saya. Apalagi infinity poolnya tepat di lereng tebing dengan view alam hijau. Sebenarnya nggak kaget sih lihat pemandangan indah kayak gitu, tapi yang bikin saya surprised itu lokasinya di sebuah resort yang lokasinya di Jogja. Yes kakak. Ini kali pertama saya menemukan resort di Jogja dengan view super kece. Kalau di kota lain semacam Puncak dan Bandung sih sudah banyak, tapi ini di Jogja. Secara dekat banget sama domisili.



Sebagai staycation lover saya langsung mengkontak admin resort via komen di Fanpage @Batoerhillresort. Eh tak berapa lama langsung dibalas sama adminnya, jika rate permalam dalam masa preopening sebesar Rp. 500 ribu/malam, kamar berbentuk bungalow sehingga lebih luas dari kamar biasa.

Wow, harga segitu murah banget untuk sekelas resort apalagi di Jogja. Jujur saya tertarik untuk segera booking, tapi tak berapa lama saya dapat kabar dari Mas Ardian kalau Blogger Jogja diajak jalan-jalan dan melihat Batoer Hill Resort. Tak hanya itu, ada kompetisi penulisan blog juga yang berhadiah voucher menginap di Batoer Hill Resort. Nah, pucuk dicinta ulam tiba 'kan. Doain ya gaes, semoga menang, kalaupun enggak dapat nginep gratis saya tetep berencana staycation disini bareng keluarga kecil saya beserta orang tua. 

Boleh minta amin gaes. ((makasih))

Blogger Jogja Jalan-Jalan ke Batoer Hill Resort



Finnaly hari H tiba, Jumat sore (4 Agutus 2017) saya dan teman-teman blogger Jogja berangkat menuju Batoer  Hill Resort di Dusun Putat, Patuk, Gunungkidul. Ada 2 meeting point pemberangkatan. Dua mobil berangkat dari Pesona Jogja dan 1 mobil berangkat dari JIH ( Jakarta International Hospital) khusus bagi teman blogger yang domisili di daerah Jogja Utara. 

Saya satu mobil sama Mas Sitam (www.narisullahsitam.com), Mas Andi (cahjogja.com), Lathifa (pojokjalan.com), Ayu (www.ayuniverse.com) dan mas Ardian (www.ceritavakansi.com). Ngobrol panjang lebar meski kadang sport jantung karena Mas Ardian nyetirnya ngebut 'bo. Sepertinya dia udah nggak sabar pengen cepet sampai di lokasi Batoer Hill Resort seperti saya.

Perjalanan menuju ke Batoer Hill Resort begitu mengasyikkan. Pemandangan di kanan kiri jalan cukup indah, apalagi mendekati Batoer Hill Resort kita melewati Desa Wisata Bobung yang merupakan daerah yang masyarakatnya memproduksi topeng kayu. Gubuk-gubuk di kiri jalan juga menarik perhatian saya, ternyata disana ada sentra kuliner Iwak Ingkung  Kampung Emas.

Sekitar pukul 4 mobil memasuki sebuah komplek dengan gapura kayu. Dua joglo megah nampak kokoh berdiri. Tulisan Batoer di pinggir lereng langsung menarik perhatian saya. Usai menitipkan tas di resepsionis saya bergegas menuju logo Batoer dan mencari  teman blogger yang sudah duluan datang. 

Ternyata mereka sudah berkeliling di kolam renang dan asyik foto-foto. Wah, saat blogger ataupun Instagramer ketemu spot-spot kece pasti bawaannya pengen selfi dan selfi. LoL. Begitupun saya dah nggak tahan untuk swafoto di deket pool infinity yang viewnya cakep banget.


Batoer Hill Resort Sinergi Antara Investor dan Pemerintah Desa dan Masyarakatnya

 


Puas berkeliling di area kolam renang, Pak Suswinarni ,lebih akrab disapa Pak Win dan Mbak Irma Devita mengajak teman-teman blogger untuk ngobrol-ngobrol sembari menikmati cemilan di joglo. Singkong dan pisang goreng sudah ditangan kiri dan teh manis di tangan kanan. Sembari lesehan saya menikmati cemilan ala ndeso favorit dan menyimak penjelasan Pak Win dan Mbak Irma selaku manajemen dari Batoer Hill Resort.

Pak Win menjelaskan panjang lebar tentang hal ihwal berdirinya Batoer Hill Resort. Sebelumnya tanah dimana Batoer Hill Resort dibangun merupakan tanah kas desa yang sama sekali tidak produktif. Bukit bukit di desa Batur tanahnya berupa tanah padas yang keras dan tidak bisa ditanami. Entah itu palawija ataupun sawah tidak bisa tumbuh subur. Tanah kas desa terbengkalai dan tidak menghasilkan. Hingga Pak Win dan beberapa temannya bekerjasama merencanakan dan mewujudkan Batoer Hill Resort.

Yang menarik dari Batoer Hill Resort ini tidak seperti resort atau hotel lain yang berorientasi ke profit sebesar-besarnya. Pembangunan Batoer Hill Resort dari dana investasi beberapa investor kecil. Jadi, investor gede nggak boleh masuk sini. Kalau tidak salah ada 6 investor termasuk Pak Win sendiri yang bergabung dalam PT. Cipta Wening. Dana yang terkumpul digunakan untuk membangun Batoer Hill Resort ini.

Seperti yang sudah saya sampaikan tadi, Batoer Hill Resort membagi profitnya dengan pemerintah desa selaku pemilik tanah desa. Karyawan resort dan restoran juga menggunakan tenaga masyarakat sekitar. Mereka dilatih secara profesional agar bisa bekerja di resort ataupun di restoran dengan baik. Ketrampilan mereka sudah sejajar jika dibandingkan dengan karyawan hotel profesional, sehingga tamu tak usah kawatir, pelayanan di Batoer Hill Resort dijamin memuaskan.



Pak Win juga menambahkan jika ke depannya Batoer Hill Resort akan dilengkapi berbagai wahana. Paint Ball, area outbond untuk anak ataupun dewasa, dan Flying Fox. Lahan di Batoer Hill Resort sangat luas. Area yang sudah digunakan saat ini belum ada separuhnya. Semoga fasilitas di Batoer Hill Resort makin lengkap dan tak hanya menjadi resort tapi sebuah tempat wisata yang lengkap dari penginapan, area bermain, restoran hingga taman.



"Senja datang sambut sang bulan,

iringi langkahku lalui  sunyinya malam,

kuberjalan layangkan hayal,

kutepiskan duka sendiriku melangkah"   ( Song by VooDoo)


Yeay, malah nyanyi gaes. Lha gimana enggak, mentari mulai menyembunyikan dirinya dan senja datang. Daku 'kan jadi inget lagu Voodoo yang liriknya tentang senja itu ((dan kamu)). Generasi sekarang mungkin nggak ngerti lagu itu tapi percayalah, saat lagu itu booming saya masih SMP kok. ((SO saya nggak setua yang kamu bayangkan gaes)).

Oke lanjut ya.

Ketika warna oranye dari barat semakin terlihat dan langit perlahan mulai temaram, Pak Win mengakhiri sesi ngobrol bareng dan beliau tahu jika kami sudah gatel pengen motret sunset. Begitu acara ditutup.

Cekrek. Cekrek.

Puluhan kamera mulai beraksi, tak ketinggalan saya juga donk.

Sunset di Batoer Hill Resort

Yups, foto saya bocor gaes.

Selepas  sholat magrib acara dilanjutkan dengan makan malam. Tentunya makan malam di Batoer Hill Restauran spesial gaes. Menu tradisional yang lezat telah terhidang. Setiap piring sudah tersaji nasi gurih (uduk), kering tempe, gudangan, ayam ingkung, sambal, dan tak lupa peyek kacang khas Gunung Kidul. Perut saya yang sudah keroncongan sedari siang ketemu obatnya gaes. Nasi Ingkung dengan taste otentik wong jowo membuat saya kenyang dan puas. Terbukti sudah, masyarakat desa pun jika dilatih bisa jadi chef handal.


Tak hanya kulinernya yang lezat lho, bahkan saya menikmati makan malam diiringi klonengan dan siter yang dimainkan oleh simbah-simbah warga sekitar. Rasanya saya sudah nggak tahan pengen nginep sini bareng suami dan dinner romantis di sudut joglo. EHEM.

Keseruan jalan-jalan ke Batoer Hill Resort tak berhenti sampai di perut kenyang gaes. Sesudahnya kami dipersilahkan untuk menerbangkan lampion. Aneka lampion warna-warni telah disiapkan oleh pihak resort. Teman-teman blogger nampak antusias dan happy banget berusaha menerbangkan lampion. Yah, macam anak kecil dapet mainan gitu. ((peace gaes)). 




Rupanya menerbangkan lampion tak semudah menerbangkan balon biasa. Dibutuhkan kerja keras dan kesabaran. Menunggu api menyala dengan rata dan dua orang harus kompak memegangi lampion. Seandainya ada babang Ariel disini, pasti saya mau menerbangkan lampion berdua ama dia. LoL

Bungalow Cantik di Lereng Bukit



Bagaimana Sobat Piknik, keseruan blogger Jogja jalan-jalan di Batoer Hill Resort? Selain asyik dan menyenangkan pasti kamu pengen tahu detail kamar yang disediakan Batoer Hill Resort.




Saat ini sudah ada 9 bungalow yang ready untuk tamu.  Bungalow di Batoer Hill Resort menyerupai rumah kayu. Dinding dan lantainya dari kayu. Nampak klasik tapi tetap modern. Sofa dan meja minimalis nampak di ruang tamu, dibalik sekat ada sebuah bed, lemari dan televisi layar datar. Cocok banget nih buat nginep sekeluarga. Anak-anak bisa bebas bermain di ruan santai atau di teras. Jendela kaca yang lebar benar-benar memanjakan mata. Dari kamar kita bisa menyaksikan hamparan sawah dan langit biru.

Lalu, selain menginap dan makan malam di Batoer Hill Resort, hal menarik apa yang bisa pengunjung lakukan saat di Batoer Hill Resort?

 

1. Berfoto ala-ala di pinggir kolam renang



Dedek Mini alias Gadis Anggun ini happy banget saat berpose di pinggir kolam renang. Pemandangan hijau di depan menjadi background foto yang super kece. Tapi, HATI-HATI ya saat menyusuri pinggir kolam. Safety First gaes.

2. Menikmati teh/kopi hangat di teras dan memandangi bukit hijau




Mama Renjana (pemilik ranselhitam.com) ini nampak nyaman duduk santai sembari minum kopi. Pemandangan sawah hijau dan bukit bukit begitu memanjakan mata. Lokasi nya ada di gambar bawah ini. Kamu bisa datang bersama teman-teman atau keluarga dan menikmati senja atau ngobrol ngalor ngidul ditemani cemilan atau jahe hangat.



3. Selfi di spot kekinian


in frame : Mak Ima Satrianto, Mak Lusi dan Mak Kachan

Batoer Hill Resort ini cerdas lho gaes. Resort ini tak hanya menyediakan penginapan dan restauran tapi juga ada spot kekinian untuk foto-foto. Ya, semacam gardu pandang dan dari sini pengunjung bisa foto-foto atau uji nyali ketinggian. Hehehe.



Lalu Gimana dengan Harga Kamar dan Fasilitas Lain?

Tenang gaes, buat kamu apa sih yang enggak. Kamu nggak perlu menginap di salah satu bungalow di sini untuk bisa menikmati keindahan alam di desa Batur ini. Pengunjung cukup mengganti voucher sebesar 25 ribu rupiah dan voucher tersebut bisa ditukar dengan menikmati fasilitas kolam renang atau menyantap hidangan di restoran. Tentunya dengan adanya voucher ini bisa memfilter pengunjung yang tidak berkepentingan.

Untuk rate bungalow selama preopening masih di harga 500 ribu per kamar. Masih murah banget itu. Besok kalau sudah grand opening rate kamar dipatok antara 700 ribu hingga 800 ribu.

Untuk harga makanan pastinya terjangkau.
Minuman dari harga 4 ribu sampai 20 ribu
Makanan ringan  10 ribu sampai 20 ribu
Sedangkan makanan berat sekitar 20 ribu sampai 40 ribu saja.


Sobat Piknik, Batoer Hill Resort merupakan jawaban dari doa saya selama ini. Saya pengen di Jogja ada resort dengan view alam yang kece tentunya dengan fasilitas lengkap. Semua itu saya temukan di Batoer Hill Resort. Next time saya semoga bisa staycation disini bersama Mas Bojo dan Duo Anak lanang. Selama ini mereka lebih sering staycation di hotel building. Tentunya staycation di Batoer Hill Resort akan membero pengalaman berbeda. Duo anak lanang bisa staycation sekaligus  menikmati alam dan menyantap kuliner yang akrab dengan lidah mereka.

Nah, sudah tahu 'kan jika kamu berencana jalan-jalan di Jogja udah nggak bingung lagi menginap dimana. Resort baru di Jogja ini bisa menjadi pilihan kamu. Apalagi jika destinasi wisata kamu di daerah Jogja timur seperti Tebing Breksi, Candi Ijo, Nglanggeran, Gunung Api Purba atau ke pantai di Wonosari.

Jadi kapan ke Jogja gaes?


Batoer Hill Resort

14 comments:

  1. Aku belum foto di pinggir kolam. :(
    Sibuk ambil gambar sampe lupa selfie. Harus ke sana lagi! Hehehe...

    ReplyDelete
  2. Fotonya keren2.. Kumplit lagi.. Duh kolamnya menggoda tenan..

    ReplyDelete
  3. yeiy simbok n bre ikut ngeksis di blogpost ini. maafkan bocah ya, mbak. selama ada mereka kemungkinan poto bocor gede banget ���� betewe aku juga pengen staycation disini ��

    ReplyDelete
  4. Potonya cakep-cakep euy. Tempatnya juga keren. :D

    ReplyDelete
  5. Waaahhh ada akuuu, iyaaaaa niii t4nyaaaa ketjeeee.. Mau ah hunting sunset lagiii...

    ReplyDelete
  6. Kayaknya kemarin ngevlog mbak? Nggak tayang kah? Aku nunggu loh hahahhahhaha.

    ReplyDelete
  7. Hahahahaha, maafkan Tio ya tante yang cantik :)
    Ratenya sesuailah ya, dengan segala fasilitas bungalow dan pemandangan yang kita dapat.

    ReplyDelete
  8. fotonya yang ada kolamnya, jalan ke bungalow dan sawah terasiringnya keren bgt... ini foto yang berbeda sama yang lain

    ReplyDelete
  9. Pengin banget foto di tepi kolam, tapiii takut kecebur. 😄

    ReplyDelete
  10. Ya ampuuun...indah banget Mak, jadi pengen nyobain jugaaa

    ReplyDelete
  11. Seru banet viewnya. Salut buat blogger jogja....

    ReplyDelete
  12. aku suka nikmatin sunsetnya dari pinggir kolam renaang :). pengen ke sana lagii

    ReplyDelete
  13. woowww woow mb prima keren jalan2 ke Batoer hill. mana bagus2 lagi pemandangannya. senangnya ya mb asik

    ReplyDelete

Jangan lupa komentar yaa Sobat Piknik

Batoer Hill Resort, Best View Resort in Jogja

Saya tertegun melihat beranda Facebook saya beberapa minggu yang lalu. Pemandangan indah lereng pegunungan berselimut kabut menghip...