Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Enak dan Halal



Pulau Bali tak hanya memiliki panorama alam yang indah, tetapi juga kuliner khas yang berbeda dengan daerah lain. Ayam Betutu menjadi satu sajian istimewa yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Pulau Dewata.


Saya tiba di Denpasar tepat jam makan siang. Perut mulai keroncongan. Tanda-tanda cacing kelaparan semakin terasa. Saya meminta pak sopir yang menjemput saya dan rombongan untuk mengantar kami ke rumah makan yang menyediakan menu ayam betutu. Tak sampai 10 menit mobil mulai menepi. Ternyata di dekat bandara ada rumah makan Ayam Betutu khas Gilimanuk Bali. Saya tak perlu menahan lapar terlalu lama dan tak sabar menyantap ayam betutu dengan kuah rempah yang pedas.


Warung makan yang menyediakan menu ayam betutu di Bali banyak banget. Dulu saya juga pernah makan ayam betutu tapi di warung Bali yang menyediakan nasi campur Bali yang ada menu porknya. Nah, kalau Ayam Betutu Khas Gilimanuk yang berada di Jl. Raya Tuban no2x ini hanya menyediakan aneka menu ayam betutu kuah dan ayam betutu goreng. Jadi dijamin halal. Buat teman-teman muslim bisa menyantap ayam betutu dengan tenang.


Warung Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini tidak begitu luas tetapi cukup nyaman. Anyaman bambu atau dalam bahasa Jawa disebut gedhek menghiasi sebagian dinding dan atap. Suasana Bali yang cukup panas agak teredam dengan bambu dan beberapa kipas di langit-langit.



Pilihan ayam betutu cukup banyak. Dari ayam betutu pedas yang dilengkapi kuah, ayam betutu bakar, ayam betutu goreng, sate lilit ayam dan sayur plecing. Tampaknya semua enak gaes. Kemaren saya nyobain yang ayam betutu pedas. Kita bisa memesan dalam porsi 1/4, 1/2 atau ayam utuh. Harganya juga nggak bokin kantong jebol lho. Untuk ayam betutu yang ukuran 1/4 ya seukuran dada atau paha atas cuma 35 ribu. Setiap porsi dilengkapi sepiring kecil sayur plecing, sambel mentah dan kacang.



Ayam kampung menjadi bahan utama masakan Ayam Betutu khas Gilimanuk ini. Jadi dagingnya lebih gurih dan tidak berlemak macam daging ayam sayur. Kalau kata temen saya kuahnya pedes banget, tapi bagi saya yang pecinta masakan pedas, masih belum berasa.  Padahal dari kuahnya irisan cabe terlihat banyak banget lho. Dasar lidahku dah kebal.


Nyam nyam. Tak terasa seporsi ayam betutu yang endes banget habis gaes. Jika kamu ngerasa kurang pedes sama ayamnya, kamu bisa menghabiskan sambal pelengkap plecing dan sambel mentah yang super pedas. Saya suka banget sama sambalnya. Mantaaaap.


Nah, teman temin, jika kamu lagi ke Bali dan pengen makan ayam betutu, melipir aja ke Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali yang ada di Jl. Tuban. Terutama buat kamu yang baru keluar dari bandara Ngurah Rai. Enak dan halal.


Comments

  1. Duuhhhh melipir kesini jd pgn mudik mbk prim. Hahay.
    Betutu emang cucok. Bumbunya ngeresep bgd. Daging ayamnya jg gampang bgd lepasnya dr tulang. Pedes sambelnya jg nampoolll.
    Makasih sharenya ya mbk. Pengobat rindu kampung halaman 😘

    ReplyDelete
  2. haduh...jadi pengin nyobain hehe

    ReplyDelete

Post a comment

Jangan lupa komentar yaa Sobat Piknik