Panduan Penting Memilih Waktu Terbaik ke Danau Toba

sumber gambar :pesonaindo.com



Tahukah kamu kalau danau yang terluas dan terdalam se-Asia Tenggara adalah Danau Toba? Menariknya lagi, danau ini dikelilingi 7 kabupaten yang ada di Sumatera Utara. Bisa jadi saat kamu memutari Danau Toba dengan speed boat, kamu sudah mengelilingi 7 wilayah kabupaten yang berbeda juga. Tidak heran setiap sudut merapat ke pinggiran, kamu akan melihat berbagai aktivitas dan sajian budaya dari suku Batak yang mendiami sekeliling Danau Toba. Kalau sedang mencari tiket murah ke Medan untuk lanjut ke Danau Toba, pastikan kamu tidak melewatkan tips berkunjung ke sana ya.      
   
Sediakan Waktu yang Cukup

Menjelajah Danau Toba tidak cukup sehari semalam saja. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, setidaknya minimal meluangkan waktu tiga hari dua malam agar tidak ketinggalan menikmati hal menarik yang ada di sana. Estimasi waktu ini juga dihitung dari waktu berangkat setelah mendarat dengan pesawat di Medan. Usahakan kamu tiba di gerbang masuk Desa Parapat saat pagi tiba.

Sumber: captureindonesia.com


Sebaiknya hindari waktu liburan sekolah pada bulan April hingga Agustus karena Danau Toba sangat padat dikunjungi. Tapi bulan-bulan ini juga waktu terbaik untuk yang ingin mendapatkan foto cantik Danau Toba karena cuaca sedang cerah-cerahnya.


Melihat Ritual Tradisional di Danau Toba

Sumber: gettyimages.com (Robertus Pudyanto)


Waktu terbaik mengunjungi Danau Toba adalah saat diadakan upacara tahunan karnaval Danau Toba. Inilah saat-saat kamu bisa melihat bagaimana penduduk setempat  menghormati nenek moyang suku Batak dan menampilkan upacara tradisional, acara olahraga, nyanyian, dan tarian Batak. Kamu bisa mendapatkan banyak gambaran bagaimana suku Batak berinteraksi dengan sesama dan para leluhurnya di acara ini.


Tips Memotret Danau Toba

Sumber: cnnindonesia.com.jpg


Golden hours di destinasi ini sangat terbatas. Usahakan kamu sudah bersiap dengan kamera di tangan pada pagi hari pukul 5.30 sampai 7.00. Jika terlewat, tunggulah waktu terbaiknya di sore hari mulai pukul 4 hingga 6 sore. Matahari sedang berbaik hati melimpahkan cahayanya menyinari gundukan pulau yang menghijau berpadu dengan bentangan danau membiru di waktu-waktu tersebut.

Uniknya Pantai di Danau Toba

Yup, kamu tidak salah membaca. Karena luasnya, danau ini bahkan seolah memiliki pantainya sendiri seperti di pinggir laut. Pasirnya tidak kalah putih, namun memiliki air tawar yang bersih dan gelombang air yang cukup tenang. Setidaknya ada tiga pantai di Danau Toba yang wajib dikunjungi seperti Pantai Lumban Bulbul yang menjadi ikon keindahan pemandangan Danau Toba. Pantai kedua yaitu Pantai Lumban Silintong yang kerap dijadikan tempat mandi-mandi penduduk setempat. Sayang di Pantai Lumban Silintong kadang muncul tanaman enceng gondok yang cukup banyak.

Sumber: flickr.com (Ares Jonekson Saragi Sidauruk)


Terakhir, agendakan kegiatanmu setelah mendapat tiket murah ke Medan dengan mengunjungi Pantai Parbaba yang ada di Danau Toba. Berbeda dengan Pantai Lumban Bulbul, Pantai Parbaba memiliki warna pasir putih yang sedikit kehitaman di garis pantainya. Pantai ini digadang-gadang memiliki pemandangan lebih indah daripada dua pantai lainnya karena menghadap punggung Danau Toba yang diselingi perbukitan dan pemandangan hijau yang membentang.

Comments

  1. Bisa jadi panduan bagus buat liburan dalam negeri nih, makasih blognya. :)

    ReplyDelete

Post a comment

Jangan lupa komentar yaa Sobat Piknik