Apa yang Harus Dilakukan Jika Tertusuk Bulu Babi?

"Mbak,  ati-ati ya kalau di tempat yang cetek jangan sampai nginjek bulu babi. Disini banyak banget soalnya" saran si adek anak nelayan yang menemani saya snorkling di Pulau Tabuhan setahun yang lalu.

Belum selesai si adek ngomong eh si jempol kaki dah kena bulu babi yang tajem-tajem.  

Landak laut atau yang biasa disebut bulu babi

"Aduuuuuh" dalam hati saya berteriak  begitu kaki menginjak sesuatu dan saya pun meringis kesakitan. Jujur saya merasa malu kalau teriak kenceng dan diliatin pengunjung lain. Gue bukan orang lemah. LoL

Sesaat setelah kaki menginjak bulu babi terasa agak panas, nyeri-nyeri gimana gitu. Tapi saya abaikan karena  guide dah menarik saya makin ke tengah laut. Nggak tahu saat itu ombak lagi gede-gedenya atau nggak pake fin bikin saya renangnya lambat banget. Dan kayaknya nggak nyampe-nyampe hingga si guide memilih menarik dan terkadang mendorong saya jika ketemu spot yang bagus di bawah laut.

Sejenak saya melupakan rasa sakit di hati eh di jempol kaki dan menikmati indahnya alam bawah laut pantai Tabuhan. Selesai berenang saya mencari duo anak lanang dan bapaknya. Nyeri semakin terasa begitu kaki menginjak pasir. Sengkring. Sengkring.  Sambil jalan pelan-pelan.

Baca juga  : Pulau Tabuhan, Pulau Menawan di Banyuwangi


Dua minggu berlalu. Rasa nyeri di jempol saya masih belum hilang. Saya penasaran dan ambil kaca, mau lihat kayak apa sih bulu babi yang masuk di jempol kaki. Beberapa bintik hitam terlihat di telapak jempol kaki. Jadi ini biang keladi nyeri  di kaki saya.



Bintik-bintik hitam itu sangat kecil. Lebih kecil dari jarum. Jika diraba terasa sakit, lantas reflek aku pencet-pencet biar keluar tapi malah kulit memerah dan meradang. Saya berpikir bagaimana cara menghilangkan bulu babi ini. Meski tidak mengganggu sekali tapi kok takut jika masuk ke dalam kulit dan terbawa aliran darah. Ih, lebay banget nggak sih. LoL

Searching di mbah Google kok jawabannya suruh ngencingin semua. Lha kan ogut ogah, pesing kali kaki gw. Lol

Sebagai anak sosmed akhirnya saya nanya-nanya sama temen di facebook, dan jawabannya beragam, berikut saya rangkum cara menghilangkan bulu babi dari thread yang saya lempar di facebook :
1. Digosok dengan bawang putih.
Cara ini masuk akal juga sih mengingat bawang putih mengandung antiseptik dan mengurangi peradangan

2. Dipipisin mbak
Nah kan, ada yang ngasih saran buat mengencingi luka kena bulu babi. Ih, bahasanya kok nggak enak ya, tapi menuang pipis juga tambah absurd. Mau diwadahin dulu gitu :D . Teman, air seni memang mengandung amoniak dan bisa menetralisir racun, kayaknya cara ini cocok juga tapi buat luka baru atau baru saja terkena bulu babi dan air seni/kencing berfungsi menetralisir racun agar tidak gatal dan bengkak

3. Direndam dengan air hangat dan sabun colek
Wadaw, cara ini cukup ekstrim ya, kayaknya bakal perih kalau kaki direndam air anget yang sudah dicampur sabun colek. 

4. Diolesin pisang matang
Kata anak pantai selain dikencingin bisa juga diolesin pisang matang, cara ini juga untuk mengurangi resiko tersengat ubur-ubur. Tapi, kok kayaknya itu pisang matang mending dimakan aja ya. Sayang kalau buat oles-oles aja. LoL

5. Digosokin kunir
Ada lagi temen yang menganjukan agar luka digosok dengan kunir atau kunyit. Bisa jadi meringankan bengkak karena kunyit mengurangin inflamasi dan bisa membunuh kuman juga.

6. Ditempel dengan jeruk nipis panggang
Saran ini datang dari anak pesisir. Jeruk nipis dipanggang/dibakar sampai panas kemudian ditempel pada kulit yang terkena bulu babi.

7. Ambil daun Binahong lalu tumbuk sampe halus, tempelkan pada bagian yang kena lalu balut dengan kain, 2-3 jam kemudian bengkak dan gatalnya akan hilang

8. Cabut durinya dengan pemotong kuku kemudian dikasih alkohol.
Nah ini yang saya tidak bisa, karena saat dipencet-pencet kok rasanya sakit dan duri yang tertinggal sangat pendek, rasanya tak mungkin memegangnya meski  menggunakan pinset

9. Ambil tensoplas beri garam bubuk secukupnya tempelkan pas yg kena benda asing.paginya akan modot dan ambil dengan pinset. Cara ini kayaknya secara medis tepat. Ya iyalah, beliau yang ngasih saran ini perawat khusus operasi gaes.

10. Dikasih cuka setetes, cara ini cocok buat bulu babi yang masuk ke tubuh sudah lama.

11. Nanti juga ilang sendiri, atau dikorek pake jarum.

***

Nah, dari 11 saran teman tersebut mana yang saya praktekan? Yang nomer 11. Nggak saya korek pake jarum lho tapi saya biarkan saja, karena ngga berani ngutek-utek luka pake jarum, rasanya merinding gaes. 


Setelah beberapa minggu hilang sendiri sih. Karena memang bulu babi di kaki saya tidak terlalu banyak, beda ceritanya jika bulu babinya merata di semua telapak kaki seperti gambar diatas. Tetap harus diambil tindakan buat ngilangin karena pasti sakit banget.

Okey, Sobat Piknik, jangan lupa kalau snorkling pake fin ya, lebih baik mencegah daripada mengobati yes.
  

Comments

  1. astagaaaaah mbaaaa aku ngilu liat foto trakhir yg tapaknya pnuh bulu babi. aku tau sih katanya itu bakal sakiiit banget. tp aku sendiri blm prna rasain.

    jgn sampe deh.. bulu babi ato ubur2, sama aja nyeremin efeknya :p. tp aku sbnrnya tertarik banget utk nyobain daging bulu babi di dlm cangkangnya itu. banyak yg bilang kan lembuut, kayak telur. Moga2 nanti kesampaian bisa icip rasa dagingnya

    ReplyDelete
  2. Jadi, bintik2 hitam itu sisa bulu babi yang menancap di kaki ya. Kayak ketelusuben gitu.

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan lupa komentar yaa Sobat Piknik