Nasi Bebek Sinjay, Kuliner Wajib Saat Berkunjung ke Pulau Madura

nasi bebek sinjay madura

Daging bebeknya begitu empuk, kremesan kriuk berbumbu sinjay berpadu dengan asam dan pedasnya sambal pencit membuat Nasi Bebek Sinjay menjadi destinasi wajib pecinta kuliner.

Setiap daerah memiliki kuliner yang khas. Saya bisa menebak yang kalian tuju pertama kali ketika sampai di suatu kota adalah makanannya. Betul tidak? Udah iyain aja. Toss lah sesama tukang makan. LoL
Begitu pula saya dan teman-teman kantor. Sesudah landing di bandara Juanda kami langsung meluncur ke pulau yang terkenal dengan satenya. Dan apakah kami mau hunting sate di Madura? Oh, tentu tidak gaes. Nasi Bebek Sinjay lah yang membuat kami menempuh perjalanan sekitar satu jam dari Surabaya menuju Bangkalan . Menahan lapar dari Jogja hingga Madura demi mencicipi Nasi Bebek Sinjay yang sangat terkenal. 


Yang asyik bobo nggak cuma saya 'kan, wong saya asyik mainan kamera :)

Teman-teman aku di kantor lama 


Saya kira perjalanan dari bandara Juanda Surabaya ke Madura itu dekat, ternyata lumayan untuk tidur siang. Atau saya yang pelor. Dimana-mana nempel langsung molor. Biasanya sich iya, tetapi saat itu enggak, wong yang merem di mobil nggak cuma saya, tapi hampir satu mobil pada liyer-liyer dan molor ria.


Jembatan Suramadu

Ini kali kedua saya menyebrang Jembatan Suramadu. Jembatan kebanggaan provinsi Jawa Timur. Saat ini bisa dibilang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Ohya, dulu tol jembatan Suramadu berbayar, kalau nggak salah tiketnya Rp. 30.000,- tetapi sejak Oktober 2018 digratiskan. Seneng 'kan kalau ada yang gratis-gratis gini. Kali pertama ke Madura cuma ingin melewati tol jembatan Suramadu. Sesampai di Madura balik lagi dan beli tiket lagi. Iseng banget saya dulu waktu itu. Kalau sekarang mah demi Nasi Bebek Sinjay. Setelah melewati Jembatan Suramadu tidak mbalik tetapi bablas ke Bangkalan. 

Nasi Bebek Sinjay berlokasi di Jalan Raya Ketengan No. 45 Tanjung Burneh Bangkalan Madura. Lokasinya gampang banget ditemukan, berada di pinggir jalan besar. Dari jembatan Suramadu kayaknya cuma lurus-lurus saja. Kayaknya lho ya. Hehehe. Untuk lebih tepat sepertinya kalian mengikuti petunjuk GPS sajalah. Daripada kalian nyasar dan protes sama saya. LoL


Dan sampailah di Nasi Bebek Sinjay Bangkalan Madura. Tempatnya luas, hanya satu bangunan beratap tinggi. Satu los dengan banyak meja dan kursi. Muatlah ratusan orang. Tempat parkir ada di depan dan belakang. Juga luas dan bus-bus pariwisata bisa parkir dengan leluasa. Jika kamu sangat lapar, tahan cacing-cacing di perut kamu untuk tidak protes karena antrinya bikin elus dada gaes. Elus dada sendiri jangan dada sebelahmu. 

Menunggu pesanan di Nasi Bebek Sinjay be lyke this :) lama cin


Jika kalian berharap duduk manis, lantas ada waitress datang dan mencatat pesanan kamu, kemudian makanan datang, langsung sikat. OH, tidak semudah itu Esmeralda.  Pelayanan di Nasi Bebek Sinjay hampir mirip dengan jajan di restoran fastfood. Jadi kalian mesti ambil makanan sendiri :)

Para bapak antri dan para Ibu berfoto ria

Jangan keburu pingsan lihat antriannya

Nah, biar kalian nggak bingung saat order di Nasi Bebek Sinjay, begini cara pesan makanan di Nasi Bebek Sinjay Bangkalan :
1. Pesan menu dulu dengan cara antri di depan kasir urut ke belakang, berdiri aja sampai kamu sampai di depan mas-mas kasir. Pastikan kalian sudah mencatat jumlah menu ya biar nggak kelamaan di depan kasir. Apalagi jika kamu rombongan tuh, kan pesanannya banyak. Setelah memesan menu makan dan minum sekalian bayar baru ke antrian selanjutnya. 
2. Kemudian antri lagi untuk mengambil minuman sesuai dengan pesanan yang sudah kamu bayar di loket sebelah kasir
3. Dan jangan lupa antri lagi untuk mengambil pesananan makanan kamu

Bagaimana teman-teman tersayang, apakah masih berminat makan di Nasi Bebek Sinjay?




Pokoknya harus sabar menunggu sampai menu datang di meja



Ya harus donk, jauh-jauh ke Madura itu jangan sampai tidak menikmati enaknya bebek kremes dengan bumbu Sinjay dengan sambal pencit yang pedesnya nendang. Satu porsi Nasi Bebek Sinjay seharga Rp. 30.000. Disajikan dalam satu piring yang berisi satu potong bebek goreng dengan kremes, lalapan, nasi putih yang pulen serta sambel pencit khas Madura. Rahasia lezatnya Nasi Bebek Sinjay ada di bebeknya yang empuk dan bumbunya terasa hingga ke dalam daging. Berbeda dengan bebek goreng di Jogja atau Surakarta yang cenderung ada rasa manis maka bebek Sinjay ini gurih asin. Sambel pencit terbuat dari paduan  irisan mangga muda dan cabe merah super pedas. Sambal ini tidak digoreng tetapi ada campuran minyak yang digunakan untuk menggoreng. Rasa asam dan pedasnya khas. Menggugah rasa. tanpa amis. Dan daging bebeknya tanpa amis sama sekali, inilah rahasia kelezatan Bebek Sinjay.


FYI, warung makan Nasi Bebek Sinjay sudah buka sejak 2003, kata Sinjay berasal dari bahasa Arab yang berarti Ilham. Karena rasa bebeknya memang enak, warung makan ini semakin terkenal dan sangat laris hingga sekarang. Semenjak jembatan Suramadu dioperasikan semakin banyak pengunjung yang datang dari Surabaya untuk menikmati Bebek Sinjay. 

Bagaimana temans, sudah tergiur untuk menikmati bebek khas Madura? Sabar, tunggu pandemi berakhir dan jika waktunya nanti mari hunting kuliner bersama. :)




Lokasi Nasi Bebek Sinjay di Jalan Raya Ketengan no 45 Tanjung Burneh Bangkalan, Madura.

Comments